Rabu, 18 Oktober 2017

Keutamaan Muharrom

1.Penamaan bulan Muharrom.Abu amir ibnul a’la: pada bulan muharrom diharamkan padanya peperangan, membunuh, berbuat maksiat, berbuat zholim dan segala bentuk dosa lainnya
2.Keutamaan Muharrom. Salah satu bulan yg dmuliakan oleh allah(zulqo’dah.zulhijjah.muharrom)
Pahala______Besar _______Dosa
Jumhur ulama: muharrom punya keistimewaan yang sangat luar biasa dari bulan lain.
3.Hasan al bisri. Allah mulai waktu setahun dgn bulan muharrom. Dan allah akhiri dengan bulan muharrom. Dan tidak ada tidak ada bulan yg lebih mulia darinya kecuali romadhon.
4.Disebut sebgai bulan allah.Seafdol2 berpuasa setelah romadon adalah bulan allah muharrom, dan seafdol2 sholat setelah fardu adalah solat malam.
(hadis muslim 11630)

5.Dianjurkan Puasa & solat malam.Seafdol2 berpuasa setelah romadon adalah bulan allah muharrom, dan seafdol2 sholat setelah fardu adalah solat malam.
(hadis muslim 11630)
6.dianjurkan puasa ‘asyuro.Ketikanabi SAW ke madinah, nabi melihat orang yahudi puasa ‘asyuro, maka ditanya oleh nabi kenapa kalian puasa? Karena ini puasa nabi soleh dan musa ketika diselamatkan dari bani isroil, maka nabi menjwab, saya yg lebih berhak kpd nabi musa daripada kalian,maka nabi berpuasa (hadis muslim 1910)
7.sebelum wajib puasa romadon nabi sudah puasa ‘asyuro. Dulu orang quroisy zaman jahiliyah puasa ‘asyuro dan nabi juga puasa, ketikan nabi dimadinah diwajibkan puasa romadon (siapa yg sanggup puasa) jika tidak tidak mengapa. (hadis muslim 1901)
8.ibnu abbas: aku tidak pernah melihat nabi berpuasa sesemangat berpuasa pada hari ‘asyuro dan puasa romadon (hadis bukhori 1867)
Nabi bersabda:Puasa ‘asyuro dapat menghapus dosa setahun yang lalu (hadis muslim 1162)

9.nabi bersabda: apabila saya hidup tahun depan insyaalloh kita akan puasa tasyu’a, tapi belum sampai tahun depannya, nabi sudah wafat
(hadis muslim 1134)
10.anjuran puasa tasyu’a 9 muharrom. Nabi bersabda: puasalah hari ke 9 muharrom supaya berbeda dengan orang yahudi. (hadis muslim)..
Ustadz Fauzi S.Pd.I M.Pd
Dosen STAI Diniyah PKU/Hp. 0823 9137 6403










1 komentar: