Sabtu, 12 Januari 2019

SAUDARAKU” MENGAPA ENGKAU BELUM ISTIQOMAH ? USTADZ FAUZI LUBIS, S.Pd.I,.M.Pd




SAUDARAKU” MENGAPA ENGKAU BELUM  ISTIQOMAH ? USTADZ FAUZI LUBIS, S.Pd.I,.M.Pd


BACA SEJENAK Nasehat Imam Junaedi Al-Baghdadi
Ini merupakan kisah beliau, beliau menuturkan : “saya pernah bertemu dengan seorang pemuda dibawah pohon besar di daerah pedalaman. Pemuda itu merupakan salah seorang salik yang tengah menempuh perjalanan batin.

‘Apa yang membuatmu duduk disana ?’ tanya saya (Imam Al-Junaedi?)‘Mencari hal yang hilang.’Saya pun berlalu dan meninnggalkannya. Ketika pulang dari haji, saya mendapatkan pemuda tadi berpintah tempat.‘apa yang membuatmu pindah ?’‘Karena saya telah menemukan apa yang saya cari, dan ternyata ada di tempat ini. Karena itu, saya pindah dan menetap disini.’Kemudian Al-Junaedi berkata “saya tidak tahu mana yang lebih mulia. Apakah tetapnya karena pencarian sesuatu hal yang hilang atau tetapnya pada suatu tempat yang di dalamnya di peroleh apa yang dikendakinya.”

Dari redaksi percakapan Imam Al-Junaedi tadi di ketahui bahwasanya istiqomah itu dapat mendatangkan kemuliaan. Karena seorang pemuda salik tadi telah mendapatkan hal ia yang cari (bisa jadi sebuah karomah), akan tetapi ia belum tentu mendapatkan kemulyaan dari istiqomah.

Oleh karena itu, istiqomah itu sangat berat dilakukan. Namun jika kita ingin bisa beristiqomah dalam kebaikan, langkah pertama yang meski kita ambil adalah berusaha untuk menundukan hawa nafsu kita. Karena hawa nafsu itulah yang senantiasa menghalangi kita dari jalan istiqomah. Selain itu pula, kita juga harus berusaha membebaskan diri dari harapan-harapan dan angan-angan. Karena hal itu dapat merusak langkah kita menuju Allah.


USTADZ FAUZI LUBIS, S.Pd.I,.M.Pd



Tidak ada komentar:

Posting Komentar